Day 8 : Liburan ke Jogja, Enaknya Kemana?

Jadi teringat tentang larangan pemerintah untuk mudik tapi tempat wisata dibuka DAN *spell the magic word, tan* harus menerapkan protokol kesehatan 👽.

Anyway, Jogja itu memang tempat yang cocok untuk wisata. Cuman, ya namanya tempat wisata itu pasti macet parah kalau sedang musim liburan. Jogja kalau lagi musim liburan aku jarang keluar rumah, karena sudah kadung macet. Males deh.

Aku dan teman-temanku kalau pilih ke tempat wisata juga yang agak sepi atau perginya pas weekday biar nggak kena macet gitu. Daripada aku banyak omong, langsung aja! (aku kangen mainnn wkwk)

Liburan ke Jogja, Enaknya Kemana?

  • Pantai

Pantai favorit aku kebanyakan ada di Gunung Kidul dan jaraknya kalau dari pusat kota sekitar 50-80 km 👹 atau sekitar 1.5 jam - 2 jam perjalanan. Ada dua rute kalau mau kesana, pertama lewat Wonosari atau Bantul. Sama aja sebenarnya, KAYAKNYA ya.. kalau lewat Wonosari ya jelas harus ngelewatin kota Wonosari dulu kalau Bantul tinggal ngikutin jalur selatan aja, aku agak lupa sebenarnya hehe..

Favoritku ada di Pantai Jungwok dan Pantai Seruni. Rata-rata tiket masuknya sekitar Rp 10.000

Kalau pantai-pantai yang pelosok memang ada beberapa fasilitasnya yang kurang, cuman nggak apa lah ya. Kadang soalnya bisa numpang di pantai sebelah 😂. Kadang kalau kalian iseng, sebenarnya bisa pindah ke pantai yang ada disebelah kalian dengan mengitari garis pantainya. Aku pernah gitu soalnya wkwkwk.

Dua pantai favoritku keadaannya bersih dan fasilitasnya sudah cukup memadai untuk ukuran pantai yang pelosok. Garis pantainya agak kecil sih menurutku dan enak banget buat tidur siang disana.

  • Hiking

Setahu aku, pilihan hiking di Jogja dikit sih, cuman ada beberapa rekomendasi yaitu : Bukit Pengilon (Gunung Kidul), Gunung Purba Api Nglanggeran (Gunung Kidul) & Merapi (Magelang).

Aku sebenarnya nggak pernah hiking di Jogja, hanya tanya-tanya aja ke teman-temanku yang kebetulan pernah. Kalau menurutku hiking di Jogja mah ya kalau ke Kaliurang atau ke Gunung Kidul, kan jalannya naik??? 💁 *nggak lucu astaga*

Tapi coba deh ya, kapan-kapan aku hiking di Jogja 😂

  • Wisata Kuliner

Makanan ada banyak banget di Jogja, mau yang murah sampe yang mahal ada. Yang tradisional sampai yang modern, yang manis-manis sampai yang pedas/gurih ada juga. Aku ada beberapa rekomendasi ke kalian sesuai jenis makanannya :

Cafe = Gandhok Coffee, Ada Warung, Kopi Jahat Tamantirto dan Saorsa Selatan.

Perayaman = Ayam Gepuk Pak Gembus, Ayam Geprek Bu Rum, Olive dan Golden Chichken

Mi = Mi Gacoan, Yamie Pathuk (the best), Mi Ayam SD Ungaran dan Bakmi Jawa (bebas sih)

Snack = Dimsum Uma Yumcha, Boba Time, McFlurry dan Jajanan SD pinggir jalan.

Others = Kopi Klothok dan Bale Bebakaran, Bakpia 25, Bakpia 75, Bakpia Agi dan Bakpia 145.

Hmm.., memang terkesan sedikit karena memang aku jarang makan diluar, lebih sering makan dirumah wkwkwk. Tapi tempat-tempat diatas itu dijamin enak, karena aku sering repeat order. Kalau mau lebih lengkap bisa cek Instagram foodvlogger nya Jogja aja.

  • Alun-alun Selatan

Kalau sore, biasanya banyak yang olahraga dan jual makanan. Seperti bakso, pentol, batagor, cilok, cilor, es, tahu gejrot, lekker, semua adaaaaaaa..........

Saranku kalau mau ke sana datang aja sekitar jam 5. Kalau lebih dari itu nanti nggak dapat tempat parkir dan akan susah juga untuk explore (menurutku), karena sudah terlanjur rame.

  • Pameran Seni

Sebelum Covid-19 menyerang, aku kadang-kadang diajak temanku ke pameran seni. Biasanya karya-karya mahasiswa ISI atau siswa SMK jurusan seni, tidak terkecuali juga seniman yang sudah profesional.

Nggak cuman lukisan atau patung aja, kadang juga seni teater juga aku datangin. Cukup seru sebenarnya mengunjungi pameran seni walaupun aku kadang juga masih belum bisa memahami makna dari karya seni tersebut.

Yang paling ditunggu-tunggu sama orang sih biasanya ArtJog. Tapi aku lebih sering ke yang gratisan 😂.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer