Handpick Logbook : Agustus

APA YANG TERJADI? 👀

Daftar sidang--another drama

Awal Agustus memutuskan untuk daftar sidang tugas akhir. Kalau kata dosbingku:

"Sudah daftar aja. Daripada nggak selesai-selesai"

".........." "baik pak" 😹.

Waktu itu aku sedang dalam tahap mempertanyakan kebenaran dan eksistensi tugas akhirku. Mulai muncul perasaan-perasaan kayak meremehkan hasil karyaku, "is it good enough?", "kok aku malah nulis topik ini sih anjir", atau "astaga ini bener nggak ya aku daftar sidang bulan ini". Sebenarnya saat pengerjaan tugas akhir pun, yang bagian latar belakang dan paradigma penelitian, yah walaupun juga kesusahan sampai rasanya mau mati, tetep selesai juga dan kalau dilihat-lihat logika yang aku sampaikan itu 'masuk'. 

Setelah melewati drama-drama kegalauan tersebut, akhirnya aku memberanikan diri untuk daftar sidang. Tentu ada dokumen yang harus aku siapkan. Pertama, aku harus isi di sistem kampus aku agar bisa daftar sidang. Nah..., waktu aku sudah isi sistem sampai ke bagian "Pengajuan Proposal", muncul drama baru. Ini fix kebodohanku aja, JUDUL AKU SALAH. ADA KATA-KATA YANG KURANG ðŸ¤®.

Semua sumpah serapah keluar semua menertawakan kebodohanku. 

Jadi, tugas akhir aku itu ditulis dalam bahasa Inggris, jadi judul aku juga dirubah ke bahasa Inggris. Udah kan.., nah aku parafrase apa ya waktu itu jadinya agak singkat. Nah, aku nggak baca ulang wkwkkwk. Nah, itulah drama yang menundaku untuk lanjut daftar sidang, payah og. Setelah berkonsultasi dengan pihak kemahasiswaan, untung aja SK Pembimbing (output dari isi di sistem) cuma digunakan sebagai penunjukkan dosen pembimbing.

Ada satu drama lagi, tapi aku males ngetik karena post ini udah kebanyakan drama.

Antara zero motivation atau malas

Pada titik ini aku sudah daftar sidang tugas akhir dan sudah koordinasi tanggal. Aku sebenarnya sudah punya possible question & answer dan script untuk sidang dan sudah selesai menyusun PPT. Tapi.., aku males latihan wkwk. Durasi waktu yang diberikan hanya 10 menit untuk presentasi. Tapi ya ituuu.., aku tu males. Pokoknya nggak ada semangat-semangatnya buat latihan. Mau belajar sambil baca ulang tugas akhir aja males.

Tapi aku akhirnya paksain latihan sih (ya iyalah, wajib). Paling cuma sekitar 3-4x aja per harinya. Itu pun waktu yang aku habsikan masih sekitar 11 menit. Nah barulah waktu h-1 baru bisa 10 menit. Di h-1 ini krisis kepercayaan diriku dan perasaan-perasaan kembali mempertanyakan tugas akhirku muncul 😭.

Akhirnya aku cerita ini ke teman aku, intinya bilang pasti aku bisa. Terus ditambahin, "ini kan skripsi kamu, harusnya kamu yang lebih tau". Yha.., bener sih. Akhirnya aku memegang kata-kata itu sambil menenangkan diriku wkwkkw. Malamnya aku cuma baca buku, makan dan tidur cepat~ (nikmat bat hidup).

I did it!

Hari-h~~ aku persiapan beli kuota siapa tau listrik mati. Dan sempat-sempatnya tidur siang, karena asli ngantuk banget. Jadwal aku sidang itu jam 15.30 via online. Presentasi full pake bahasa Inggris, tanya-jawab pake bahasa Inggris dengan grammar yang awut-awutan dan ada campuran bahasa Indonesia, karena aku udah udah nggak tau cara ngomongnya kalau pake bahasa Inggris 😂😂. Fast forward, akhirnya selesai juga! HAHAHAHAHA. Waktunya santai--------nggak deng, ngerjain revisi lah.

Komentar

Postingan Populer