Day 30 : Disiplin adalah Kunci

Aku sebenarnya agak lupa, mungkin saat-saat itu aku sedang suntuk banget nggak ada motivasi buat ngapa-ngapain dan aku cuma scrolling sosmed hampir setengah hari...? (jangan dicontoh wkwk). Sampai akhirnya aku menemukan video ini :


At my first thought....., ini orang bisa jadi bener juga ya. Akhirnya aku memutuskan untuk menonton video itu dan aku merasa tertampar 😂.

Motivasi itu bukan sesuatu hal yang salah, dia adalah 'sesuatu' yang kamu bawa dalam dirimu untuk mencapai sesuai dan mengerjakan sesuatu. Tapi dalam versiku (dan divisualisasikan perasaanku dalam bentuk video tersebut), seolah-olah aku harus 'made a certain feeling' about what will I do next. And it makes my head very hurt and it's killing me 👎. 

Aku jadi ingat dulu waktu semester 3 dan semester 5, itu bener-bener tugas dan kerjaan nggak ada habisnya. Ditambah waktu itu semester 3 lagi ada event besar di fakultasku dan saat semester 5 ada masalah drama nggak jelas di organisasi 💥. Masalahnya memang beda tapi sama-sama bikin sakit kepala cuy. Lucunya, wkwkwk (kenapa udah ketawa duluan coba), orang-orang biasalah ya sambat di story WhatsApp, nah temanku ini sambat di story WhatsApp yang intinya adalah "semangat.. semangat.. tapi wong e wes meh semaput" (semangat.. semangat.. tapi orangnya sudah mau pingsan). Aku auto ngakak miris sih waktu itu, pas banget dah emang itu story nya wkwkwk...

Paham nggak sih? Kayak semangat semangat tok (dalam hal ini masuk dalam motivasi) tapi orangnya tetep semaput!! (sudah mau pingsan, lelah banget pokoknya). Sejak saat itu aku berpikiran "ok deh no matter what happen, ini kerjaan harus selesai dengan benar". 

Saat semester 5 juga, aku merasa kayak harus pasang muka dan set up my feeling kalau semua itu normal-normal aja, tapi rasanya melelahkan. Sampai aku merasa terlalu lelah untuk peduli, jadi aku biarin aja... Aku tau itu bukan sesuatu yang benar, tapi yah pada saat itu aku sudah nggak tau harus ngapain lagi, jadi yaudah deh. Akhirnya aku memasang batas antara perasaanku untuk organisasi dan kelas.

Teman-temanku ini emang walaupun ngeselin mereka suportif dan membuatku merasa kalau aku masih ada teman yang masih bisa aku ajak ngobrol. Mereka juga saling mendukung tapi aku merasa biasa-biasa aja... eh bukan berarti aku tidak menghargai teman-teman yang sudah memberi semangat, sumpahhh... kayak gitu tu emang perlu dan bentuk rasa peduli kita terhadap sesama (mana sampe pada bagi-bagi makanan, aku ya senang lah ya...). Nggak munafik juga kalau kita memang butuh dengar itu dari orang-orang terdekat kita, tapi orang-orang itu hanya bisa membantu kita sebatas itu saja. Selebihnya, sisanya, action nya harus kita yang menjalani. Makanya kita juga butuh disiplin.

DISIPLIN ADALAH KUNCI

Kata Mbak Valeria, "motivation operate on the assumption that require a certain mental state. You supposed to feel a certain feeling in order to do something. That's a very much emotion driving (?) action. Where discipline has nothing to do with your emotion, has nothing to do with the way you feel. It really is about getting up and doing it even though you don't like it". DANGGG..........!! (sori bos nggak ada caption nya)

Agak setuju dan nggak setuju dengan statement mbaknya, you can make a certain feeling when you are doing something you don't like with that discipline attitude, biar nggak kerasa gimana-gimana gitu aja sih kalau menurutku. Senyamannya kita aja.

Tapi serius ya, aku pernah download Notion (aplikasi to do list dan catat-mencatat) dan bikin jadwal hari itu mau ngapain aja selama mungkin sekitar 2 bulan dan aku merasa bener-bener punya pikiran atau something that I hold on agar semua kegiatan itu bisa segera aku coret dari daftar and it feels really great actually. Tapi entah kenapa aku agak bodoh banget nggak pernah bikin kayak gitu lagi semenjak bulan April wkwkwk...

But seriously, video tersebut semakin membuka mataku banget tentang keinginan-keinginan yang mau aku capai. Jalannya terjal, capek dan bikin ngantuk but I need to do it agar keinginanku tercapai no matter what happen!! So I need to get up and do it correctly and systematically :")

Disiplin bukan satu-satunya cara, tapi itu adalah salah satu kunci.



Komentar

Postingan Populer