Day 19 : Memori tentang Ramadhan


Dulu waktu masih kecil, dari sekolah aku diberikan buku Ramadhan yang isinya to-do list yang harus aku lakukan dibulan Ramadhan. Seperti puasa, sholat fardhu, sholat tarawih, ngaji, infaq, dll. Dan endingnya nanti minta tanda tangan ke orang tua dan imam saat sholat tarawih.

Siangnya puasa, sore TPA dan malanya tarawih. Kegiatan yang paling seru waktu tarawih sih, soalnya bisa ngobrol, kumpul sama temen, ketawa-ketawa (WKWKWKKWK). Ok, I know it's sounds silly, tapi beneran deh tarawih waktu kecil mungkin cuma ikut sholat 4 atau 8 rakaat, sisanya main sama temen 😂.

Nanti, selesai tarawih kita langsung bersiap-siap ambil ancang-ancang untuk minta tanda tangan imam dihari itu. Tidak lupa melihat catatan teman tentang tema dan isi khotbah hari itu juga.

Yaampun, nakal banget aku dulu ya.

Kalau lagi males, ya nggak ikut tarawih. Kalau sudah terlanjur di masjid, aku cuma duduk atau tiduran di atas sajadah padahal yang lainnya lagi sholat wkwkwk 😂.

Sekitar 10 hari terakhir dibulan Ramadhan, kami sekeluarga mudik. Disana aku malah jarang iktu tarawih, malah wisata kuliner minta dibeliin jajan sama main petasan dan kembang api 😂. Biasanya kita melakukan hal itu setelah sholat isya' sih. Terus tidur deh..........

Kadang, dari sekolah dikasih PR untuk liburan itu, jadi kalau PR nya belum selesai ya terpaksa waktu mudik dibawa PR nya.

***

Sekarang waktu sudah besar, kayak aku merasa bulan Ramadhan hanya seperti bulan-bulan pada umumnya. Dan payahnya, malah lebih disibukkan dengan kegiatan-kegiatan unfaedah lainnya, sedih aku tu. Yah, mungkin karena sudah beda dunianya ya.



Komentar

Postingan Populer