Yuk Mampir ke Coffee Shop Favorit Aku di Jogja!

https://data.whicdn.com/images/347690576/original.jpg 

Two things that win my heart!! (sumber)

Hai, kembali lagi.......🙌

Es kopi itu lebih nikmat daripada kopi panas, fight me!! Walaupun aku tidak menampik masih minum kopi yang diseduh air panas juga sih.

Sedikit cerita, aku mulai suka coba-coba kopi sekitar tahun 2019 dan waktu itu iseng coba biji kopi dari Mandailing, dan pakai teknik (iya kan sebutannya?) atau cara? yang Vietnam Drip. Rasanya asam manis enak gitu :( dan membuatku jadi ketagihan hehe..

Dan di mulai deh petualangan kopi ala Intan Shafa. Kalau mau main ke coffee shop di Jogja apalagi kalau aku mainnya sendiri, aku jadi picky banget. Yang jelas wajib ada itu adalah wifi, dan aku lebih suka indoor daripada outdoor (yah, kalau di ajak ke kafe yang berkonsep outdoor aku mau-mau aja sih. Cuman kalau mainnya sendiri jadi rada malas kalau outdoor), vibe dan kondisi kafe tersebut (aku tidak terlalu suka dengan tempat duduk antar pelanggan kafe yang terlalu dekat karena jadi kayak risih, in my opinion) dan terakhir harga HAHAHAHA... maklum aku masih berstatus mahasiswa pengangguran :( 

Jadi, ketentuan-ketentuan diatas juga berpengaruh ke pilihan coffee shop di Jogja yang akan aku lansir hari ini. But, aku tidak menutup kemungkinan untuk mencoba tempat-tempat lainnya karena why not? Petualangan kan tidak ada akhirnya 😁

Berikut list nya :

    Couvee Jakal - Jl. Kaliurang KM 5,2 Sleman, DI Yogyakarta

    Couvee Seturan - Jl. Seturan Raya No. 88 Sleman, DI Yogyakrta 

    Couvee Ngampilan - Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 98 Yogyakarta

Sebenarnya aku sudah tau coffee shop ini dari awal dia buka, cuman malas aja ke tempatnya karena jauh~ hehe.. lalu, waktu mereka akhirnya buka di deket Malioboro aku langsung membatin, "baiklah, ini saatnya aku mencoba dia". Tapi karena satu-dua kesibukan jadinya ketunda-tunda terus. Lalu, waktu ada promo, aku akhirnya beli lewat food delivery. Waktu itu aku pesan "Vanilla Rum - Large Extra Shots".

Itu rasanya.., enak 😭😭 Vanilla Rum ini walaupun rada pahit, tapi bukan pahit yang ganggu dan ada manisnya, cuman nggak terlalu manis (mungkin karena aku pilih extra shots juga). Dan semenjak mencoba menu ini, aku jadi jatuh cinta dengan perpaduan kopi dan rum!! Hahahaha... (rum ada yang halal kok guys, yaitu pakai sirup rum 👍).

Aku pertama kali ke Couvee yang cabang Ngampilan. Di cabang ini lumayan luas tempatnya, namun tempat parkirnya sempit cuy... salah satu kekurangan dari tempatnya adalah tidak ada musholla. Jadi, waktu aku mau sholat harus nyebrang lalu jalan sekitar 10 menit untuk sholat. Tapi, secara keseluruhan tempatnya rapi dan bersih! Kalau kalian yang mau ke Maliboro dari arah barat dan melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan, pasti kalian akan ketemu sama tempat ini.

Sebelas Coffee Crafter Jakal - Jl. Kaliurang KM 5 No. 94 Sleman

Sebelas Coffee Crafter Perumnas - Jl. Perumnas No. 123 Sleman

Sebelas Coffee Crafter Monjali - Jl. Monjali No. 111 Sleman

Sebelas Coffee Crafter Taman Siswa - Jl. Taman Siswa No. 139 Yogyakarta

Lagi-lagi karena aku mager, aku pertama kali coba kopi ini juga lewat food delivery. Menurutku ini salah satu yang termurah dari teman-temannya, tapi rasanya tetap JUARA 👍 walaupun ada slightly rasanya hampir sama seperti es kopi-es kopi pada umumnya, namun Sebelas Coffee Crafter ini punya rasa kopi yang sedikit lebih kuat (mungkin tergantung pemilihan menu juga).

Waktu aku coba datangi tempatnya, aku coba yang paling dekat dengan rumahku, yaitu yang cabang Monjali. Tempatnya lumayan kecil dan lebih cocok untuk take-away aja. Untungnya, waktu itu sedang tidak terlalu ramai jadi aku tidak terlalu terganggu.

 

Jl. Sonosewu Baru No. 30 Bantul

Aku ketemu sama Silamo Creative Hub ini gara-gara aku udah capek kalau misal mau ke coffee shop harus ke Sleman dulu, jauh soalnya dan aku mager hehehe.... jadi aku coba-coba searching coffee shop yang ada di Bantul atau yang di bagian kota (rumahku memang di perbatasan antara Bantul, Sleman, dan Kota Yogya). Dan, ketemu lah sama dia!

sumber  

Interior dia tidak terlalu norak dan terkesan kalem sih, cuman jadi kayak nggak capek aja kalau lama-lama disana. Waktu itu aku sempat coba menu mereka yang Vietnam Drip sama Matcha. Matcha nya mereka creamy banget 👀 dan menurutku kebanyakan foam-nya. Bagusnya, manis nya pas! Dan nggak lebay (paham kan ya??). Lalu, yang Vietnam Drip, karena aku kangen biji kopi Mandaliling, akhirnya aku coba lagi deh dengan biji kopi itu 😂 rasa asemnya agak kuat cuman nggak yang bikin aneh atau perih di lambung gitu kok.

Saorsa Kopi Utara - Ngabean Wetan, Ngaglik, Sleman

Saorsa Kopi Selatan - Jl. Nitiprayan Bantul

                                                                            sumber

Cantik banget nggak sih tempatnya? Nah, saudara-saudara itu lah semi-outdoor favorit aku!! 

Saorsa Kopi sebenarnya udah agak lama nangkring di "want-to-go-list" di Google Maps-ku. Dan, karena diburu waktu dan temanku mempasrahkan tempat ketemuan ke aku, jadilah kita ke Saorsa Kopi Selatan. Waktu itu malam-malam dan dingin banget asli dan angin dimana-mana 😂 dan karena tempatnya agak pelosok, jadi aku sempat kesasar. Kiri-kanan sawah, rumah warga nya rada jauh... astaga???? apa aku nggak salah jalan?

Saorsa Kopi Selatan ini sebenarnya deketan sama Galeri Lorong. Cuman, karena itu sudah malam jadi aku nggak terlalu memperhatikan letak galeri nya dimana (keburu dingin 😆). Dan, waktu kunjungan itu aku coba "Warm Spice and Latte". Dia latte tapi ada campuran rempah-rempah nya 💓 astaga, ini enak banget nggak bohong. Rempah yang paling kuat dan yang paling aku ingat, itu adalah cengkeh dan kayu manis. Wajib dicoba kalau ke Saorsa!

Jl. Gondang Raya Depok, Sleman

 

Nah, kalau Kaktus Coffee Place ini tempatnya deket sama kampusku. Menu favoritku di Kaktus Coffee Place ini adalah "Spezia". Spezia ini perpaduan antara kopi dan rempah. Cuman, kalau menurutku rempah yang ada di Spezia ini kurang nendang daripada yang "Warm Spice and Latte".

Kalau ke Kaktus Coffee Place, aku nggak pernah mau duduk yang ada di lantai 1, karena ramai cuyy 😅 takutnya tidak bisa konsentrasi saat menikmati "Spezia". Jadi, kalau mau cari yang sepi-sepi silakan ke lantai 2 aja. Oya, Kaktus Coffee Place juga menyediakan musholla lo! Jadi nggak usah bingung kalau mau cari tempat sholat. 

*

Baiklah teman-teman, itu dia beberapa coffee shop favorit aku (sebenarnya banyak kok haha..) kalau lagi pengen minum kopi. Kalau kalian ada juga nggak coffee shop favorit?

Komentar

  1. Waah terima kasih rekomendasi coffe shopnya. Boleh nih kalo ke Jogya mampir di situ hehe

    BalasHapus
  2. Keren-keren banget interiornya! Btw, aku paling suka interior di Couvee karena lebih aesthetic dan kalem hahaha. Namanya tempatnya juga unik "Couvee", kreatif banget menamakannya :O

    Karena aku bukan penggemar kopi, jadi nggak ada tempat nongkrong favorit. Tapi, kalau ditanya paling sering kunjung kemana, mungkin Starbucks dan Fore :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiihh aku pengen banget cobain Fore, tapi ku tidak tau beli dimana kalau di jogja wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer